Ada Apa Dengan Cinta

image

Cinta itu memang ajaib. Sepertinya hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami yang namanya jatuh cinta.

Yang tak pernah jatuh cinta pastinya juga tidak pernah mengenal seperti apa rasanya kangen, gelisah, penasaran, kecewa, atau bahagia dengan makna yang berbeda.

Kenapa saat jatuh cinta sepertinya emosi dan sikap setiap orang jadi berubah?

Saat orang jatuh cinta, segala macam hormon di dalam tubuhnya bekerja dengan aktif. Endorphins, oxytocin, serotonin dan adrenalin lebih aktif dari biasanya sehingga sistem di otaknya pun jadi overload untuk mengatur kerja hormon tsb. Tubuh kita bekerja lain dari biasanya.
Itulah sebabnya, ketika ada Cinta maka seseorang maka akan merasa canggung bertemu orang yang dicintai, jantung lebih mudah berdebar, gelisah, rasa bahagia berlebih atau bahkan sulit tidur
Tapi tenang….itu bukan penyakit. It’s normal! Dan semua orang pasti pernah mengalaminya.

Kata orang cinta identik dengan yang indah dan bahagia.
Why?
Ketika ada rasa suka dengan seseorang, maka otak kita akan dirangsang untuk mengeluarkan hormon endorphin lebih banyak dari biasanya. Efek endorphin adalah adanya rasa bahagia, rileks, serta selalu positive thinking. Itulah sebabnya saat jatuh cinta, seseorang akan melihat segala hal yang indah2 saja. Tak peduli kata orang apakah orang yang dicintainya itu jelek, hitam, jerawatan…tapi di matanya dia tetap ganteng! Makanya memang benar adanya bila dikatakan cinta memang tidak mengenal logika. Karena logika orang yang sedang jatuh cinta memang tidak sedang bekerja sebagaimana mestinya.
Tapi sekali lagi, tak perlu khawatir….ini normal. Memang beginilah siklus kerja hormon dan otak yang dimulai sejak usia pubertas.

image

Kenapa cinta harus ada rasa kangen?

Saat jatuh cinta, otak juga bekerja ekstra untuk mengeluarkan adrenalin lebih banyak. Efek adrenalin lah yang menyebabkan rasa gelisah, jantung berdebar serta dapat menimbulkan efek long term memory. Makanya wajar, orang bisa ada rasa kangen dan sulit melupakan seseorang yang kita cintai. Sama seperti kisah AADC2 dimana seseorang masih sulit melupakan yang dicintainya meski sudah terpisah jarak dan waktu serta sudah ada orang lain di sisinya. Itu tandanya adrenalinnya sangat tinggi!🙂

Kenapa orang bisa jatuh cinta?

Cinta bisa disamakan dengan jerawat. Biasanya muncul saat usia pubertas dan disebabkan oleh faktor hormonal. Datangnya pun sama kayak jerawat, mendadak, tak terduga, bisa di mana saja, kapan saja, bahkan di tempat dan waktu yang tidak kita harapkan sama sekali.🙂

Cinta memang tidak mengenal tempat dan waktu. Tidak ada angin atau hujan, bisa datang kapan saja dan dimana saja. Ada orang yang baru berkenalan dengan seseorang dan melihatnya cantik, langsung di rasakannya ada perasaan suka.
Ada yang merasa suka karena sering merasa di beri “perhatian” …bisa berupa teguran, tebengan, traktiran atau krn sering dikasih contekan di kelas…
Ada yang merasa suka justru karena sering bertengkar. Ada yang merasa suka justru karena perpisahan, setelah merasa kehilangan baru dirasakan betapa berartinya orang yang selama ini selalu bersamanya. Ada juga karena cemburu, setelah melihat seseorang bersama pria/wanita lain, baru dirasakan adanya emosi di hati dan menyadari bahwa ternyata dia juga mencintai orang yang sama.
Bisa juga ada cinta karena “terpaksa”, awalnya tidak ada rasa tapi lama2 bisa ada rasa suka, biasanya ini muncul pada pasangan yang “dijodohin”, akhirnya muncul rasa suka karena sering bersama atau “witing tresna jalaran suko kulino” …..sama kayak orang yang jadi jerawatan karena sering makan kacang meskipun setiap hari wajahnya dibersihkan,
Naah benar kan cinta itu memang persis seperti jerawat🙂 Makanya kata orang biasanya yang lagi jatuh cinta akan suka jerawatan😉

Kenapa orang jatuh cinta bisa beda2 prosesnya?

Yaah …karena setiap orang juga tidak sama satu sama lain. Dan ini juga peranan hormon dan otak yang tidak sama pada semua orang. Dirangsangnya hormon oleh otak akibat rasa suka pada seseorang itu di luar kendali kita, dan itu berlangsung sangat cepat….sehingga wajar kita tak pernah sadar mengapa kita tiba2 bisa ada “rasa” dengan seseorang, begitu mendadak dan dengan seseorang yang tidak terduga. So, love is a gift. Cinta itu memang anugrah. Karena datang begitu saja, di luar kendali kita.

Kita tahu kan jerawat macam2 jenisnya? Ada yg kecil dan mudah pecah, hilang begitu saja dan ga ada bekasnya, tapi ada juga jerawat yg lama “mateng”nya, susah dipecahin, dan bekasnya buat wajah jadi ga enak dilihat.
Naah …begitu pula dengan si Cinta🙂
Cinta macam2 pula jenisnya, seperti jerawat. Ada cinta yang mudah sirna alias cepat dilupakan begitu saja orang yang pernah kita cintai; ini biasanya terjadi pada cinta karena nafsu biasanya sebatas pesona wajah atau faktor materi lainnya…mudah datang dan mudah hilang.
Tapi ada juga cinta yang sulit sirna; biasanya yang benar2 cinta dari hati alias “true love” meskipun ujung2nya tak  saling memiliki. Biasanya karena cinta yang ditanam dulu benihnya sekian lama tanpa disadari lalu ketika tumbuh, cinta itu muncul dari hati nurani yang paling dalam ….namun untuk cinta tipe ini ada beberapa yang kendalanya sama seperti jerawat yg sulit dipecahkan tadi, sulit mengemukakan cinta karena ada perasaan yg terlalu dalam….ada rasa tidak enak atau tidak ingin menyakiti….akhirnya dipendam terlalu lama atau terkubur begitu saja.🙂

Sebelumnya dikatakan bila orang jatuh cinta biasanya identik dengan yang indah2 karena pengaruh hormon. Tapi tak selamanya selalu begitu.

Kadang “cinta itu perih, jendral..” . Cinta itu identik dengan perpisahan, pertengkaran, cemburu atau kasih tak sampai.

Tapi meskipun semua orang tahu dan pernah mengalami betapa sakitnya saat mencintai seseorang……, namun setiap saat, setiap detik, tak seorang pun merasa jera untuk mengenal, mengenal …dan mengenal lagi …si Cinta!

Love,
Arlin , June 2016

–  for someone special –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s