Perkara Ponsel dan Toilet

Apakah boleh bawa HP ke toilet alias WC?

Memang tidak ada hukumnya di Al Quran atau hadist, karena pada zaman Rasulullah SAW belum ada ponsel. Namun di era digital sekarang, dimana setiap orang kemanapun dan kapanpun pasti membawa ponsel, termasuk ke toilet. Bahkan ada yang bilang, serasa ada yang kurang bila tidak bawa HP ke toilet, karena kita nanti akan bengong alias melamun sendirian saja.

Lalu….. Apakah boleh?

Ada beberapa yang harus diperhatikan mengenai boleh tidaknya perkara ini. Kita pisahkan dulu antara ponsel alias HP dan toilet.

Ponsel atau telepon seluler alias telepon genggam adalah alat digital mobile yang pastinya di kenal saat ini oleh semua orang. Saat ini ponsel ibarat “computer” mini, dengan segala macam aplikasi ada di dalamnya. Dulu ponsel sebatas hanya untuk menelpon dan sms saja. Sekarang ponsel ibarat “otak” manusia. Segala macam kebutuhan ada di situ, mulai dari kamera, Al Quran, arah kiblat, peta, daftar belanja, sosmed, fitness guideline, majalah, musik, TV, segalanya…ibarat pasar malam. Komplit dan mudah kita genggam kemanapun. Segala macam informasi pasti ada di situ, mulai dari urusan pekerjaan, rumah tangga, hingga hal-hal religi.

Sedangkan toilet alias kamar mandi atau WC adalah tempat yang paling kotor atau banyak kumannya, tempat berkumpulnya segala jenis kotoran dan termasuk tempat yang paling menjijikan di dunia. Karena itu kita harus melangkah dengan kaki kiri. Selain itu tempat berkumpulnya kuman, kamar mandi juga tempat berkumpulnya jin. Jin atau setan paling banyak berada di kamar mandi. Maka dari itu kita tak boleh membaca ayat suci atau menyebut nama Allah di kamar mandi demi menghormati Allah SWT. Kamar mandi selain kotor karena kuman, juga kotor karena “penghuni” lainnya.

Lalu bagaimana hubungannya antara ponsel dan toilet? Kesannya perkara ini ringan, tapi akan menjadi berat bila terjadi hal-hal tak terduga…

Bayangkan bila telepon berbunyi, lalu secara reflex kita mengangkat dan menjawab salam orang yang menelpon kita? Dan bisa jadi kita sedang chatting tanpa sadar kawan kita menulis kata “insya Allah” (kita membacanya) atau kita pun menjawab “Alhamdulillah” saat masih di toilet? Lagipula bukannya tidak mungkin di era informasi digital sekarang, pastinya banyak di sosmed kawan-kawan kita yang bermaksud baik mengingatkan kita dengan memposting hadist atau ayat suci lainnya di sosmed dan tanpa sengaja kita membukanya saat sedang berada di toilet…..

Selain insidens membuka ayat suci, kita juga tahu bahwa kamar mandi adalah tempat yang banyak kumannya. Dan ponsel kita bawa kemana-mana….mulai dari kamar, dapur, kamar mandi, hingga saat makan siang pun kita tetap  bawa dan buka lagi ponselnya…yaikks…kumannya makin menyebar kemana-mana. Meskipun keluar toilet kita pasti cuci tangan, tapi kan ponselnya tidak kita cuci🙂 dan artinya…..silakan pikir sendiri…..😉

Kita juga tahu kamar mandi tempat berkumpulnya para jin dan disunnahkan untuk tidak terlalu lama berada di kamar mandi atau toilet. Kadang karena asyik bermain dengan ponsel, biasanya ada yang tadinya “perlu” sekedar 5 menit malah jadi setengah jam. Itupun tidak bagus, selain tidak sesuai dengan sunnah, pastinya jadi membuang waktu dan yaah kasihan buat yang mengantri setelahnya🙂

Sebaiknya memang dihindari kebiasaan buruk ini, kalau pun terpaksa karena ada di tempat umum dan ponsel ada di saku…., jangan di buka saja…apa sulitnya sih tidak buka HP hanya 5 menit saja? Sadar tidak selama ini kita sudah mulai diperbudak oleh tekhnologi, padahal manusia yang membuatnya. Sungguh miris kan. Kalau ada yang menelpon, bila tak diangkat nanti juga akan menelpon kembali atau kita yang menelpon balik.

Saat ini belum ada larangan membawa ponsel ke toilet, tapi mungkin suatu saat akan dibuat larangannya. Sama seperti larangan menyalakan ponsel di masjid, dulu belum ada tapi sekarang menjadi hal yang lumrah.

(arllin, 3/5/15)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s