Tips- tips Untuk Pergi Piknik

Untuk liburan bersama keluarga dan teman-teman kita perlu persiapan sebelum berangkat. Jangan sampai kita justru sibuk pinjam atau terpaksa mengeluarkan uang di tempat tujuan karena banyak barang penting yang tidak kita bawa. Dan jangan sampai kita jatuh sakit sehingga tak dapat menikmati piknik dengan sempurna
Berikut beberapa tips agar Anda dapat piknik dengan nyaman.

Barang-barang yang wajib dibawa :

1. Kebutuhan utama
Kebutuhan utama mencakup barang-barang yang kita wajib gunakan setiap hari yaitu pakaian, handuk, perangkat ibadah, perangkat mandi, dan alas kaki (sandal/sepatu). Bila Anda membawa si kecil, jangan lupa perangkat wajib bagi si kecil seperti popok, baju salin di perjalanan, tisu basah, dan bawa pula mainan favoritnya untuk ‘mengobati’ penyakit ngambek-nya selama di perjalanan/adaptasi dengan lingkungan baru.
Siapkan pakaian sesuai dengan tempat yang kita tuju. Apabila ke wilayah pantai atau kota dengan cuaca panas, sebaiknya siapkan pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat. Sebaliknya apabila menuju ke daerah puncak atau pegunungan gunakan pakaian berbahan tebal, jaket atau sweater dan selimut.
Lengkapi pula perlengkapan sesuai tujuan Anda untuk piknik nanti apakah hendak outbound, berenang, mancing dsb.

2. Obat
Obat-obatan yang dibawa adalah obat-obatan pribadi dan vitamin yang wajib Anda minum setiap hari, selain itu obat-obatan yang mengatasi gejala penyakit yang biasa dialami selama perjalanan, seperti obat sakit kepala, pereda nyeri, obat flu/batuk, obat sakit maag, obat anti diare dan tetes mata. Apabila Anda membawa anak, sebaiknya bawa sirup obat panas badan atau obat batuk karena biasanya fisik anak tidak begitu kuat dan sukar tidur selama perjalanan jauh sehingga mudah terkena masuk angin.

Apabila Anda pergi ke wilayah pantai atau hutan tropis, cobalah mendapatkan info terpercaya apakah yang Anda tuju masih daerah endemis malaria atau masih banyak penduduk yang baru saja penyakit tsb. Bukannya bermaksud menakuti-nakuti lho, tapi sekedar Anda lebih waspada karena Indonesia merupakan daerah tropis dan masih banyak daerah endemis malaria di beberapa tempat. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir akan kemungkinan ini karena orang Indonesia (sebagai penghuni daerah tropis) tidak terlalu rentan terhadap malaria selama masih dalam keadaan fit. Dan ini bisa diatasi dengan minum pil Kina selama Anda berlibur dan menggunakan lotion anti nyamuk.

3. Lotion
Sediakan sunblock UV 30 SPF untuk menghindari terbakarnya kulit Anda karena paparan sinar matahari. Selain itu, bagi yang berlibur ke daerah panas siapkan pula lotion anti nyamuk. Nyamuk tidak hanya menganggu kita selama berlibur tapi juga berisiko untuk membawa penyakit, sebaiknya kita waspada terhadap gigitan nyamuk terutama nyamuk Aedes Aegepty dan Anopheles.

4. Makanan dan Minuman.
Minuman yang dibawa sebaiknya tidak mengandung soda, menghindari mual dan muntah karena mabuk di perjalanan. Bila perjalanan jauh dan perlu waktu sehari agar sampai tempat tujuan, tetap usahakan banyak minum – sesuai kebutuhan cairan setiap hari – untuk menghindari dehidrasi. Anda tak perlu khawatir akan adanya rasa ingin buang air kecil, Anda bisa rehat sejenak di suatu tempat.
Bila Anda pergi bersama rombongan, Anda tak perlu khawatir akan makanan karena pasti disediakan oleh panitia. Namun bila Anda penderita penyakit tertentu yang ada aturan mengenai pola diet dsb sebaiknya Anda membawa makanan dari rumah sesuai yang disarankan dokter Anda. Begitu pula bagi penderita penyakit maag, sebaiknya Anda membawa banyak cemilan agar tidak ada gangguan pada lambung Anda selama perjalanan karena perut kosong.

5. Alat komunikasi
Untuk hal ini, biasanya kita tak mungkin lupa. Ponsel dsb sudah merupakan perangkat ‘wajib’ bagi kita dan ibarat suatu ‘sahabat’. Tapi sebaiknya jangan lupa untuk membawa charger dan baterai cadangan mengingat perjalanan yang cukup jauh. Bila perjalanan masih jauh, dan baterai dalam keadaan ‘sekarat’; sebaiknya dikurangi penggunaan ponsel untuk hal-hal yang tak penting mengingat akan kemungkinan adanya kejadian emergensi dimana ponsel sangat diperlukan.

6. Pelindung dari Sinar Matahari.
Selain sunblock, diperlukan pula topi, kacamata hitam atau payung yang membantu kenyamanan kita selama perjalanan. Dan Anda pun bisa tampak lebih keren di jalan.

7. Kantong Plastik dan Tisu/Saputangan.
Sangat berguna bila Anda membawa si kecil. Biasanya ia suka mabuk di perjalanan dan muntah sehingga memerlukan kantong plastik. Tisu juga diperlukan orang dewasa yang tidak kuat akan AC atau angin sehingga suka pilek di perjalanan

8. Kotak P3K
Bila Anda tidak bepergian bersama rombongan yang ada tim medisnya, lengkapi pula persiapan obat-obatan Anda dengan kotak P3K untuk keadaan darurat. Cukup simple saja yang perlu Anda yaitu obat merah, plester, antiseptik, salep luka bakar, salep gatal-gatal, perban dan kantong kompres untuk memar.

9. Lain-lain
Uang, surat-surat berharga seperti KTP, SIM, STNK, kartu ATM, kamera, tas praktis serbaguna dll pastilah sangat berguna untuk menemani Anda berlibur.

Kondisi yang perlu diperhatikan sebelum pergi :

1. Pastikan kondisi fisik Anda dan keluarga dalam keadaan fit sebelum berangkat. Usahakan tidur dalam waktu yang cukup sehari sebelum berangkat, dan bila membawa anak, pastikan ia tidak tidur terlalu larut. Serta makanlah di rumah sebelum berangkat.
2. Apabila Anda membawa kendaraan pribadi :
– Rencanakan rute perjalanan dengan matang. Pastikan tempet-tempat rehat yang akan Anda tuju dan kira-kira berapa lama perjalanan yang akan ditempuh.
– Bawalah peta dan GPS agar perjalanan lebih pasti dan tidak nyasar.
– Pastikan apakah kendaraan Anda telah layak jalan.
Pastikan mobil telah ganti oli, periksa seksama seminggu sebelum pergi, cek keadaan ban dan ban serep. Siapkan pula peralatan praktis di mobil.
3. Bila Anda membawa si kecil :
– cek car seat yang nyaman baginya.
– siapkan tas serbaguna : popok, baju salin, tisu basah, kantong plastik untuk membuang popok.
– jadwal rutin si bayi tetap terjaga : dalam hal makan, mengganti popok untuk menghindari diaper rash (ruam popok), tidur dsb; jangan sampai jadwalnya berubah karena perjalanan.
– siapkan peralatan makanannya dalam tempat khusus.

Kegiatan yang dapat dinikmati saat Anda berekreasi :

1. Olahraga : cukup olahraga ringan saja seperti jalan pagi, push up, sit up dll supaya tubuh Anda tetap terasa fit saat jalan-jalan.
2. Kewajiban rutin : usahakan tetap terlaksana dengan baik. Kadang karena asyik berlibur biasanya jadwal makan, ibadah atau istirahat kita pun jadi tak karuan. Upayakan makanan tetap lengkap dengan kalori, protein, sayuran dan buah sesuai kebutuhan kita. Biasanya kita terlalu sibuk makan jajanan lokasi liburan dengan tak terkontrol sehingga tubuh kita cenderung ’membengkak’ selepas liburan. Serta tetap minum 8 gelas air putih (bukan soda atau kafein) per hari. Begitu pula dengan waktu istirahat, biasanya karena asyik ngobrol, bermain atau belanja; tanpa kita sadari waktu tidur pun jadi tersita dan akhirnya saat pulang dari acara piknik/kembali bekerja kita pun jatuh sakit.
3. Hobi : lengkapi liburan Anda dengan melakukan hobi Anda di kala senggang. Memotret, memancing, berenang, mendaki gunung, surfing, dll pasti terasa jauh lebih menyenangkan bila dilakukan di tempat dengan suasana baru dan pemandangan yang indah.
4. Silaturahmi : eratkan persahabatan dengan mengenal lebih dekat teman-teman beserta keluarga yang ikut piknik. Bersikap ramah dan bersahabat dengan warga sekitar tidak akan pernah merugikan, kita akan mendapat banyak teman baru dan liburan pun akan terasa lebih menyenangkan.
5. Beli oleh-oleh : jangan lupakan pula teman atau sanak saudara kita di rumah. Cukup cenderamata atau makanan khas daerah pastilah sangat menghibur mereka.

Selamat Berlibur!
^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s