Bumble : Si Kucing Pemberani


Buku ini mengisahkan kisah nyata tentang kucing-kucing luar biasa. Kisah tentang kucing-kucing terlantar di Inggris yang diurus oleh Cats Protection di negeri tersebut dan diadopsi oleh orang yang membutuhkan.
Kisah ini tak hanya bercerita tentang tingkah lucu kucing namun jiwanya yang seharusnya dimiliki manusia yang tak mudah menyerah.
Ada sepuluh ekor kucing yang diceritakan dalam buku ini. Tiap kucing mempunyai kisah mempunyai kisah unik dan inspiratif yang menyentuh hati orang-orang di sekitarnya. Kucing-kucing ini semuanya dikisahkan oleh Cats Protection di Inggris, sebuah yayasan untuk menolong kucing di Inggris.
^_^
Tizer, seekor kucing yang menemani Inspektur Roy Sloane di kantor polisi. Awalnya sang Inspektur mengadopsi kucing tersebut untuk membantunya mengusir tikus di kantor polisi. Namun setelah semua tikus kabur berkat jasanya, Tizer menetap di situ dan menjadi keluarga di kantor polisi tempat Inspektur Sloane bertugas. Ternyata jasa Tizer tak terbatas hanya sebagai penangkap tikus, dia pun membantu tugas sang Inspektur sebagai polisi. Ketika ada anak-anak bandel yang dibawa ke kantor polisi dan sulit diwawancara, namun saat anak tsb memeluk dan meremas Tizer…anak-anak bandel itu langsung lunak hatinya dan ingin pulang ke rumah. Tizer pun menjadi pengalihan setiap polisi yang stres setelah tugas, ketika bermain dengan Tizer semua lupa akan kepenatannya.

Stewie, seekor kucing kecil terlantar yang menderita anemia. Stewie menderita anemia karena saat terlantar di jalanan tubuhnya berkutu dan kutu-kutu itu telah mengisap banyak darahnya. Stewie harus dirawat di Rumah Sakit dan mendapat transfusi darah karena telah kehabisan banyak darah. Stewie beberapa kali mengalami koma dan detak jantungnya sangat lemah. Harapan hidupnya sangat tipis. Namun yang membuat takjub orang disekitarnya, termasuk dokter dan perawat di RS adalah tekadnya untuk bertahan hidup. Setiap terdengar suara pengurusnya di Cats Protection, Stewie selalu berusaha membuka matanya. Ketika sadar dan sudah boleh pulang dari RS, keadaan Stewie masih lemah…badannya kecil dan terkulai, setiap hari pengurusnya intensif merawatnya. Namun semangat Stewie untuk bertahan hidup luar biasa, dia tetap bermain dengan anjing sampai orang disekitarnya semakin tergugah. Pengurusnya pun terinspirasi oleh semangat Stewie sehingga ia bertekad menghadapi lomba yang banyak tantangannya untuk mengumbulkan dana pengobatan Stewie. Sekarang Stewie telah sembuh dan nakalnya luar biasa.:)

Speedy, kucing yang diadopsi oleh keluarga Payne untuk menemani anaknya yang sakit, Christine. Christine menderita epilepsi sehingga dia jarang bermain dan bepergian, kedua orang tuanya pun tak pernah meninggalkan Christine seorang diri karena takut bila terjadi serangan penyakitnya. Namun sejak ada Speedy, sangat terasa jasa kucing tersebut. Setiap terjadi serangan atau kejang pada Christine, Speedy langsung memanggil orang tuanya. Keluarga Payne sangat berterimakasih atas jasa kucing tsb. Kini mereka tak perlu panik bila pergi/meninggalkan anak mereka karena yakin Speedy pasti bisa diandalkan. Sampai akhirnya Speedy mendapat penghargaan kucing paling setia.

Noah, adalah kucing yang diselamatkan seorang gadis cilik, Kirsty, bersama teman-temannya ketika hampir tenggelam saat banjir dan hujan lebat. Diberi nama Noah, sesuai keadaannya saat ditemukan, yaitu banjir mirip kejadian nabi Nuh. Dan uniknya, kelakuannya pun sesuai namanya. Biasanya kucing takut air, namun Noah sangat senang bermain dengan air dan tak takut akan hujan.

Munchie, seekor kucing baru lahir terlantar yang ditemukan di mobil tua oleh supir mobil derek. Pertama kali ditemukan umurnya baru sepuluh hari – 10 hari pisah dari induk tanpa makan dan minum – sangat lemah, kemudian dirawat oleh perawat klinik hewan. Namun untungnya Munchie masih kuat makan dan minum…sehingga semakin kuat .Dan ternyata nafsu makannya besar, sekarang malah dia semakin gembul .

Mr.Ginge, adalah kucing yang lahir di kebon binatang. Induknya susah payah saat melahirkannya di kandang gajah. Mr. Ginge ditemukan oleh pengurus gajah, Mick Harrison dan diadopsi olehnya . walaupun sudah jadi kucing rumahan, sifat “bonbin”nya tak pernah hilang.

Marmite, seekor kucing setia peliharaan Lindsey dan Huw. Ketika detik-detik menjelang persalinanannya dan suaminya tak di rumah, Marmite lah yang berjasa menemani Lindsey saat panik ketika kontraksi dan ketubannya pecah. Saat anaknya lahir pun, Marmite bisa menjadi teman bagi anak mereka.


Felix, seekor kucing gesit yang mengalami kecelakaan ketika sedang berburu tikus. Felix hampir tewas terkena mesin permanen, untungnya dia masih bertahan sehingga yang dikorbankan hanya 1 kaki belakang dan ekornya. Terpaksa kaki dan ekornya harus diamputasi namun setelah operasi kucing itu tetap tangguh bertahan, seolah tidak kesakitan. Cobaan tak berhenti disitu saja, setelah itu Felix terkena penyakit Tetanus sehingga harus brobat. Namun hebatnya meskipun hanya memiliki 3 kaki, Felix tetap gesit dan lincah menangkap tikus. Hingga akhirnya dia mendapat penghargaan dari Cats Protection sebagai juara pertama untuk kategori yang berhasil selamat. Felix menjadi bintang, fotonya dimuat dimana-mana…dan pemiliknya pun sangat bangga kepadanya.

Donna, termasuk kucing yang penakut dan ‘kuper’. Donna sering mengalami kecelakaan dan dia juga tuli. Dia cukup lama tinggal di tempat penampunngan sampai akhirnya bertemu dengan Pamela Gray yang sama-sama membutuhkan teman, Donna menjadi kucing yang ceria dan menggemaskan. Setiap perubahan memang butuh waktu, tapi untuk ke arah positif pasti bisa…bila kucing saja bisa, kenapa manusia tidak bisa?🙂

Bumble, seekor kucing yang dibuang pemliknya di jalanan hingga akhirnya kehujanan dan kelaparan. Namun Bumble tetap tegar untuk bertahan hidup, sampa akhirnya ada yang ingin mengadopsinya lagi. Dan yakin pemilik barunya pasti akan lebih menyanyanginya.

^_^
Buku ini tak hanya mengisahkan tentang kucing, tapi juga tips-tips untuk merawat kucing. Jangan sampai ada kucing terlantar. Di Inggris, Cats Protection bertugas untuk menjaga jangan sampai ada kucing liar yang tak terurus.

Dari buku ini kita juga bisa belajar, bahwa ternyata di Inggris benar-benar tak ada kucing liar, karena setiap melihat kucing terlantar setiap orang langsung tergerak untuk menghubungi Cats Protection.
Sangat berbeda dengan di Indonesia, dimana-mana kita melihat kucing liar, jadi tak aneh bila melihat kucing terlantar. Hati kita biasanya hanya tergerak sebatas iba atau memberi makan ikan asin…setelah itu dibiarkan saja nasib si kucing selanjutnya.

Di Inggris, kucing liar yang berkutu pun langsung di bawa ke Rumah Sakit Hewan, dan orang menghubungi Cats Protection karena memikirkan nasib sang kucing selamanya. Jadi, disana semua kucing pasti terurus dan terawat.
^_^
Saya akui, saya sendiri bukan pencinta kucing- malah cenderung takut sama kucing hehe.. – tapi saat lihat buku ini di Gramedia, saya langsung tertarik. Saya lihat sinopsis di cover belakangnya sepertinya kisah ini sangat inspiratif. Dan memang benar meskipun ceritanya tentang kucing, tapi sebagai manusia kita bisa belajar dari mahluk lucu yang menggemaskan ini. cerita tentang mereka yang pantang menyerah, penyayang, setia, tegar, pemberani. Bahkan hanya punya kaki tiga pun masih kuat menangkap tikus. Kalau kucing bisa, kenapa kita tidak? Manusia masih diberi akal, pasti jauh lebih dari bisa.

Meskipun saya tidak mengenal kucing dan tidak memelihara kucing, tapi berkat buku ini saya jadi seperti tahu banyak tentang kucing. Cara merawatnya, kebiasaannya, perasaannya, dsb. Di akhir buku ini juga ada sedikit ilmu tentang kucing.
Buku ini sangat bagus. Highly recommended !!

Info Buku
Judul : Bumble Si kucing Pemberani dan kisah-kisah sejati lainnya tentang kucing-kucing yang luar biasa
Penulis: Sam Hay
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama 2011
Jumlah halaman : 157 Halaman
Harga : Rp.35.000,-

^_^miawww…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s