Shopping On Line

Di zaman internet sekarang, sedang marak wabah shopping alias belanja on line. Terutama di antara kaum wanita – yaah dimana-mana wabah belanja pasti melanda kaum wanita sih – tapi untuk shopping on line lebih spesifik ke wanita karir alias yang super sibuk ga sempet ke mall buat belanja secara manual. Atau wanita pecandu gadget, netter dan silaturahminya lebih cenderung ke social networking.

Shopping on line (SOL) cukup mengandalkan fasilitas internet dan komputer atau mini gadget pendukungnya untuk komunikasi via chatting dsb antara konsumen dan pedagang/produsen. Konsumen cukup browsing barang yang dibutuhkan via internet, bila berminat langsung hubungi produsen…biasanya karena konsumen kebanyakan wanita pasti ada juga unsur tawar menawar sedikit meskipun harganya sudah murah😀 .Setelah deal, produsen memberikan nomor rekeningnya, pembeli transfer (ibarat transaksi jual-beli biasa) hanya saja tidak saling melihat, setelah transfer si pembeli langsung memberi tahu si penjual, si penjual mencek kebenarannya lalu setelah yakin rekeningnya sudah ditransfer oleh si pembeli ybs, barang langsung dikirim ke alamat si pembeli.

Kelihatannya simple, hanya saja transaksi cukup makan waktu alias tidak langsung dalam sesaat seperti jual-beli di pasar (barang dicari, dibayar dan didapat si pembeli pada saat yang sama). Untuk proses SOL, dari mulai pencarian barang sampai barang diterima di tangan pembeli butuh waktu beberapa hari. Belum lagi bila pembeli dan penjual ada di kota yang beda – atau beda negara – ongkir alias ongkos kirimnya pasti lebih mahal dan waktu pengiriman pasti lebih lama. Ditambah lagi ada rasa kurang puas dari pelanggan alias pembeli waktu menerima barang…barang yang diterima tidak sesuai dengan harapan, bahannya kurang sreg, warnanya tidak sesuai dengan yang dilihat di layar monitor, sepatu kesempitan, aroma parfum yang tidak sesuai selera dll…yah maklum saja, browsing nya hanya lewat internet alias dilihat via layar monitor komputer atau handphone atau blackberry …pasti beda bila dilihat langsung. Ditambah lagi, kita kan tidak bisa merasakan tekstur bahan via internet, hanya mengandalkan indera penglihatan…,indera penciuman, indera perasa dsb tidak bisa kita andalkan buat SOL.

Meskipun ada beberapa keluhan buat transaksi shopping on line (SOL), tapi biasanya buat yang sudah mencoba sekali biasanya tetap ketagihan buat SOL. Menurut pengalaman beberapa orang yang sudah melakukan transaksi ini, jauh lebih asyik shopping on line daripada shopping manual. Termasuk buat ibu rumah tangga. Alasannya ternyata jauh lebih hemat waktu dan tenaga, juga irit bensin, kita ga perlu pusing2 cari parkiran sebelum belanja, ga usah pusing kejebak macet atau berdesak2an di busway atau nunnggu angkot, ga usah capek2 nenteng belanjaan, ga akan pusing2 kepanasan atau kehujanan, selain itu belanja bisa ‘fokus’ dan keluar duit buat belanjanya ga ‘bocor’ kemana2…ehm biasanya kan kalo cewek belanja..niat mau beli sepatu tapi pas nyampe mall juga ngelirik baju, parfum,asesoris, tas, sprei, kosmetik, belum lagi keluar duit buat makan di food court nya…nah bila on line, shopping tas yah hanya tas kecuali mampir ke situs lain juga🙂

Selain itu SOL terkenal harganya lebih murah dibanding beli langsung di mall karena tidak kena pajak dan membayar karyawan di counternya. Jadi hanya beli langsung barangnya saja. Soal kualitas barang…yah memang beragam.. Sangat banyak barang yang dijual via shopping on line. Karena kebanyakan konsumennya kaum hawa, otomatis mayoritas juga asesoris wanita; seperti dress dan kerudung, kosmetik, parfum, adapula sepatu, tas, buku, gadget, bahkan sampai obat dan makanan. Buat yang kecanduan SOL, apa pun dia beli via on line…kalau bisa bahan sembako. Biasanya kadang suka cenderung nekat hanya dengan modal browsing yang mengandalkan indera penglihatan, orang2 suka beli sepatu atau baju yang biasanya perlu proses fitting/mencoba sebelum membeli…,padahal untuk tiap merk kan belum tentu sama ukurannya, dan apakah nyaman digunakan? Tapi bila sudah addicted memang sulit… itulah yang namanya shopaholics… ,apapun pasti dibeli tanpa berpikir.

Sedikit tips buat konsumen shopping on line (SOL):

1. Teliti sebelum membeli

Yah..ini berlaku dimana2, termasuk teliti saat browsing…pastikan barang yang kita klik sesuai dengan yang kita inginkan

2. Banyak bertanya kepada produsen

Tak perlu malu untuk banyak nanya sebelum ‘deal’ kita beli barangnya…(yah, walaupun ujung2nya kita ga jadi beli, kita juga ga akan ditimpukin sandal kok…kan nanyanya juga via ym/sms-an hihi…)..tanya sampai hal sedetil2nya mengenai barang yang kita akan kita beli mis.ukuran, jenis bahan, untuk warna kasih patokan yang pasti semua orang sudah tahu mis.warnanya merah darah/merah fanta, baru/bekas, pastiin ada cacat /ga, dsb.

3. Survey ke lapangan

Memang tujuan kita SOL supaya hemat waktu, tenaga dan bensin; tapi bila tak ingin menyesal belakangan apa salahnya sedikit berkorban? Apalagi untuk pembelian barang yang tak hanya mengandalkan indera penglihatan buat dibeli, mau tak mau harus ada waktu ke mall sebentar sekedar buat survey – bukan belanja – supaya kita tahu seperti apa kualitas barang aslinya, apalagi bila kita tahu barang yang dijual on line lebih murah. Misalnya fitting sepatu dengan merk yang sama, cium parfum, liat kualitas tas apakah berat/enteng dsb…mau ga mau kita harus survey ke lapangan (mall), kecuali kita sudah familiar dengan barangnya.

4. Khusus belanja pakaian : sebaiknya cari produsen yang kenalan

Sebaiknya kenalan cukup buat transaksi pakaian atau yang perlu fitting sebelum membeli. Buat jenis barang lainnya ga kenal juga ga masalah. Kenalan bisa teman, saudara, tetangga, mantan pacar, atau selingkuhannya mantan pacar juga ga masalah…setidaknya ybs sudah pernah bertemu kita secara langsung di dunia nyata, jadi paham benar postur tubuh kita seperti apa. Sehingga produsen bisa mengira2 dan menganjurkan ukuran pakaian yang pas buat kita (S/M/XXXL). Karena kita bukan foto model yang postur tubuhnya ideal.

5. Sabar

Biasanya stok barang SOL terbatas, begitu kita minta sudah didahului konsumen lain yang lebih cepat dari kita. Kita tak perlu menyesal dan buru2 dalam membeli (ingat:teliti sebelum membeli), lagipula sekarang banyak sekali fasilitas SOL di facebook dan twitter, bila kita kehabisan di satu produsen bisa hunting di produsen(situs) lain yang menjual barang serupa dan siapa tahu kualitas lebih baik dengan harga lebih murah. Buat cewek, dengan banyaknya situs yang menjual asesoris cewek bisa sabar dengan telaten hunting website dan mencari asesoris yang benar2 cocok dengan pakaiannya.

6. Simpan bukti transfer

Jangan lupa, bukti transfer tetap kita simpan – meskipun sudah kita beri tahu penjual via sms – sampai barang yang kita beli diterima dan digunakan.

7. Terima kasih

Jangan lupa sampaikan kata terima kasih kepada produsen – via sms, ym, bbm, telepon atau website – bila barang yang kita beli telah diterima. Untuk memastikan si penjual barangnya sampai di tujuan dan juga kata ‘terima kasih’ adalah kata yang jangan sampai terlupakan bila bertransaksi dimana pun untuk memperlancar silaturahmi. Bila puas, sampaikan saja ini di testimony blog si penjual supaya pembeli yang lain tahu akan kualitas pelayanan dan barang yang dijual.

8. Sampaikan complain

Tak perlu ragu untuk menyampaikan keluhan atas barang yang kita terima. Sampaikan saja ini secara personal via sms, jangan di website atau blog si penjual. Sekedar penjual tahu kualitas barang yang dijualnya. Seperti bahan yang tipis, ada cacat sedikit dsb, supaya penjual lebih memperbaiki kualitas mutunya untuk pelayanan berikutnya. Tapi disamping keluhan selingi juga dengan pujian atas barang yang sama, agar komunikasi berjalan baik.

9. Pastikan produsen shopping on line yang terbaik

Sekarang buanyaaak sekalii produsen SOL , tergantung jenis barang yang kita inginkan. Untuk tahu yang terbaik kita bisa tanya teman2 yang netter & shopaholics . Biasanya kalau sudah yakin yang terbaik, kita juga tenang buat transaksi. Penulis belum tahu banyak, pastinya buat beli buku yang terbaik tetap Amazon. Tapi bila ingin buku2 lokal yang dulu dibredel bisa didapat di Staline books, bukunya memang buku bekas tapi kualitas masih bagus dan yang pasti buku2 ini sulit didapat di toko buku biasa karena dulu sempat di bredel era Soekarno-Soeharto, buku langka karya Pramodya A.Toer, Muchtar Lubis, Hamka, ada juga komik2 lama. Buat parfum, direkomedasikan Celyns parfum; parfum original/asli tapi harga sangat murah. Buat asesoris, tas, sepatu, baju..sangat banyak silakan survey sendiri di Google..atau mungkin ada pembaca yang bisa rekomedasikan ?🙂

 

Have a nice shopping ^_^

One response to “Shopping On Line

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s