Keluhan Tentang Cuaca

“Yaah hujan lagi…”…”Uuh panas banget yah hari ini!” ; “Dingin bener…jadi males ngapa2in”; “Panas..silau..males keluar rumah”; “Bete..Bandung ujan mulu..jadi banjir dan macet dimana2″..dst..dst..

Masih banyak lagi kalimat hujatan dan keluhan mengenai cuaca yang kita dengar sehari2. Dan sepertinya sudah menjadi refleks spontan dari lidah kita. Cuaca selalu bersalah, selalu jadi tersangka utama bila ada masalah. Hujan salah, panas pun salah. Itulah ego manusia. Serakah dan tak pernah puas.

Segala suasana disalahkan karena cuaca. Jemuran yang tak kunjung kering karena hujan. Pusing karena panas. Mobil kotor karena hujan; kekesalan muncul karena sudah capek2 nyuci mobil tiba2 hujan deras. Ban pecah disalahkan karena panas. Ngomel seharian di jalan karena macet ..dan lagi2 yang disalahkan hujan yg bikin becek sana-sini dan banjir dimana2. Walaupun tak hujan,kita tetap mengutuk cuaca panas bila terjebak macet..”Sebel Jakarta udah macet dimana2,panas lagi.” Kita juga mengutuk cuaca bila sakit..gara2 kehujanan,jadi bersin terus nih.

Memang benar adanya beberapa penyakit disebabkan oleh suatu musim atau cuaca. Common cold,ISPA,alergi cenderung terjadi pada musim dingin. Sementara DHF (demam berdarah) atau malaria cenderung terjadi pada cuaca panas. Namun kita manusia. Bukan hewan. Manusia diberi suatu kelebihan oleh Tuhan; yaitu akal. Kita diberi kemampuan untuk berpikir. Kita tahu penyakit2 tertentu yang diakibatkan suatu musim, tapi kita bisa belajar mengatasinya untuk mencegahnya. Kita bisa membaca dsb.
Cuaca…hujan atau panas; musim salju atau musim gugur adalah suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang yang patut kita syukuri. Bukan untuk kita kutuk. Bayangkan bila tidak ada hujan, apakah yang dapat membantu petani menyirami sawahnya?kita tidak bisa makan..sungai pun akan kekeringan..laut akan tandas,ikan di laut akan mati.akan makan apa kita hidup dalam kekeringan?
Siklus hidup akan hilang begitu saja.
Sebaliknya bila tidak ada panas..hujan terus menerus..kemungkinan kita akan dilanda banjir Nabi Nuh.

Segala fenomena alam pastilah ada risikonya. Namun itu semua adalah tanda2 kekuasaan Allah. Sesuatu yang harus kita kagumi karena merupakan tanda2 keberadaanNya. Tidak ada yang bisa mengendalikan cuaca di bumi ini selain Allah, suara halilintar, teriknya matahari, derasnya hujan hanya Allah yang mengatur.
Manusia sebagai mahluk satu-satunya yang dikaruniai akal seharusnya bisa mengatasi segala risiko yang diakibatkan cuaca, bukan hanya sekedar mengumpat. Bila kepanasan, kita bisa menyalakan AC,kipas angin, makan es krim, mengenakan pakaian yg nyaman, atau cuci muka dan mandi.
Bila kedinginan kita bisa mengenakan sweater, minum secangkir kopi hangat, makan baso, gosok minyak kayu putih.
Bila dilanda macet, kita bisa beralih ke jalur alternatif,,,bila jalur alternatifnya macet juga masih banyak yg bisa dilakukan di kala macet: baca,mendengarkan musik, berdendang, berikan infak kepada pengamen di sekitar kita atau lebih baik lagi..istighfar!
Tak ada gunanya mengumpat yang capek juga kita sendiri dan macet tetap ada…apalagi kalau menulis kalimat umpatan yang mengutuk macet di situs jejaring sosial..tak akan ada manfaatnya!Lebih baik kita tersenyum kepada orang2 yang kita jumpai kala macet entah itu pedagang asongan, pengamen, pengemis, penyebrang jalan, atau sesama korban macet..karena senyum itu adalah amal..😀 itung2 kita beramal kala kena musibah macet..nah jadi banyak amalnya kan kalo terjebak macet.

  • Nikmati suara derai air hujan.
    Gemuruh petir nan bersahutan.
    Indahnya terik matahari.
    Awan berarak di langit biru.
    Matahari kerap menantang tatapan mataku.
    Namun tak ada yang menyaingi cantiknya lembayung senja.
    Manisnya uraian pelangi.
    Semuanya adalah tanda kuasa Illahi.
  • One response to “Keluhan Tentang Cuaca

    1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

      LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

      1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
      2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
      3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
      4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
      5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
      6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://lowonganterbaik2011.blogspot.com/

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s