Tumbuh Kembang Anak di Bumi

Kadang ada beberapa orangtua yang merasa minder atau cemas saat melihat pertumbuhan anaknya terlihat tidak secepat anak dari para kerabatnya.
Tapi walau bagaimanapun, anak-anak kita bukan Superman yang tinggal di planet Krypton. Anak-anak kita hanya manusia biasa yang tinggal di bumi. Dimana untuk tumbuh kembang anak ada patokannya, jadi tak perlu risau bila kemampuan mereka terlihat lebih lambat dari teman mainnya (yang belum tentu seusia dengannya). Tumbuh kembang anak sesuai dengan bertambahnya usia mereka. Bila perkembangannya terlihat lebih lambat dari standarisasi usianya barulah lapor ke dokternya.

Adapun pola perkembangan anak sampai usia 5 tahun adalah sebagai berikut:

1 bulan:

Tangannya masih mengepal, kepala merebah, matanya mengikuti gerak gerik tapi masih terbatas

4 bulan:
Telapak tangannya mulai terbuka, bisa tertawa dan membikin suara dari mulutnya. Suka bermain dengan tangan dan bajunya.

6 bulan:
Duduk dengan bantuan tangan orang dewasa, bisa memindahkan suatu barang dari tangannya yang satu ke tangannya yang lain, suka berteriak-teriak senang.

10 bulan:

Bisa duduk sendiri tanpa sokongan/bantuan, merangkak, bisa menyusun 2 kubus walaupun masih berantakan, mulai memperhatikan bila namanya sendiri disebut/dipanggil, bisa makan biskuit sendiri.

1 tahun:

Berjalan dengan bantuan, bisa mengucapkan dua kata atau lebih, membantu waktu berpakaian, memberi mainannya saat diminta.

1,5 tahun:

Berjalan tanpa jatuh, duduk sendiri di kursi kecil, mengenal gambar, dapat memakai sendok untuk makan dengan sedikit tumpah.

2 tahun:

Berlari, suka mencoret-coret gambar lingkaran, mengerti beberapa petunjuk mudah, suka main boneka. Saat ingin buang air bisa mengatakannya pada orang tua disekitarnya.

3 tahun:

Berdiri dengan satu kaki tanpa jatuh, bisa menjawab pertanyaan yang mudah, bisa pakai sepatu sendiri, berjalan kesana-kemari..

4 tahun:
Berjinjit, bisa menggambar orang, bisa cuci muka dan mengeringkannya sendiri, suka bermain dengan anak seusianya, dapat disuruh mengerjakan sesuatu.

5 tahun:
Berjinjit dengan kaki yang bergantian, bisa menghitung sampai 10, bisa pakai baju sendiri. Mulai dapat bertanya kepada orang dewasa.

Jadi tak perlu terlalu cemas bila kelihatannya anak kita masih tertinggal kemampuannya dibandingkan anak para kerabat. Yang penting masih sesuai dengan standarisasi pola perkembangan anak seusianya. Kadang ada juga karena suatu keadaan atau orangtua yang telaten, ada beberapa anak yang terlihat kemampuannya jauh lebih cepat. Misalnya bila kondisi perang atau anak di daerah kumuh, baru usia setahun sudah kuat berjalan karena situasi yang membuat si anak harus mandiri sedini mungkin. Yang jelas anak kita tak akan bisa terbang atau melihat dengan mata tertutup karena masih lahir di bumi…

(arlin)

One response to “Tumbuh Kembang Anak di Bumi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s