Jalan Cisitu Lama

14082008007Jalan Cisitu Lama di Bandung tepatnya di daerah Dago. Hanya jalan kecil dari pertigaan jl. Cisitu sampai Alpina. Jalan ini dikenal sebagai kawasan mahasiswa. Hampir seluruh rumah yang ada di jalan Cisitu Lama ini adalah rumah kos. Karena letaknya berdekatan dengan Unpad dan ITB. Mahasisswa yang kuliah di daerah Jatinangor banyak juga yang kos di sini karena dekat dengan “pangdam” (Pangkalan Damri) di jl. Dipati Ukur yang merupakan transportasi mahasiswa dari Bandung ke Jatinangor pulang pergi. Selain itu posisinya juga dekat dengan Simpang Dago tempat jajanan dan makan anak kos yang murah meriah.

Jalan ini hanya dilalui satu angkot, angkot ungu jurusan Cisitu – Tegalega. Walaupun hanya jalan kecil, tapi berbagai fasilitas lengkap di sana yang disediakan bagi anak kos. Mulai dari tukang koran, tempat cuci motor, laudry kiloan, fotocopy, sewa buku/komik, salon, warteg, mesjid, indomart, warnet, rental komputer, tukang baso dan segala macam jajanan. Semuanya lengkap ada di jalan ini tak kalah dengan komplek perumahan atau mall.

Hampir setiap saat, jalan kecil ini suasananya padat lancar seperti jalur Pantura saat lebaran – kecuali saat Subuh. Jalan kecil yang cenderung berbentuk gang ini, terbagi dua jalur dan itu saja jalurnya sudah diperkecil karena banyak yang parkir. Parkir mobilnya milik para mahasiswa yang kos di daerah sekitar situ. Tak heran bila sering macet. Meski hanya jalan kecil dan milik mahasiswa tapi sangat diminati banyak orang. Setiap hari ada saja pemandangan orang yang menunggu angkot, pengemudi motor/mobil, mahasiwa yang berangkat kuliah, mahasiswa yang beli makan, mahasiswa yang sedang bergandengan mesra sampai tukang baso atau tukang koran yang berperan sebagai tukang parkir bila jalanan macet. Puncak kemacetan biasanya antara jam 5 sore sampai 7 malam.

Kemacetan kadang disebabkan oleh mahasiswa sendiri. Pernah angkot dan kendaraan lain terpaksa berhenti karena ada serombongan mahasiswa yang memakai jalan ini untuk ospek. Yang rugi, sebenarnya mahasiswa lain yang tinggal di sini juga dimana mereka terburu-buru supaya bisa belajar untuk ujian besok. Mahasiswa di Bandung sekarang memang sudah banyak yang mengenakan kendaraan pribadi ke kampus (motor dan mobil). Bahkan pernah terjadi kemacetan luar biasa ketika di jalan kecil ramai ini dilalui bus pariwisata, dan kita sempat terjebak macet satu jam lebih di sini. Jalan ini memang banyak peminatnya!!

Tapi meskipun sering macet, jalan ini memang nyaman bagi mahasiswa. Dan bila yang sudah tinggal di sini rasanya enggan pindah ke tempat lain. Selain aman dari kecelakaan, jalan ini padat fasilitas dan enak buat jalan kaki bagi mahasiswa karena dekat kemana-mana.

About these ads

6 responses to “Jalan Cisitu Lama

  1. heheehehheheehe gue gak kenal siapa2 didaerah cisitu lama, tapi gue nyari seseorang disana….tepatnya jl.cisitu lama II 194/154 C, ada yang tau……
    disana ada siapa sih???/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s